
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) PROGRAM RPL
SPMI-PKKPDG/FM/PBM/06/00
Nama MK : Keperawatan Anak
Kode MK : WAT 15401R
Beban/SKS : 2 SKS ( T )
Semester/ TA : Semester Genap TA 2017/2018
Tim Dosen :
2.
Ns. Zolla Amely Ilda, S.Kep, M.Kep : (08126786047/zolla.amely.ilda@gmail.com)
![]() |
PROGRAM RPL PRODI KEPERAWATAN PADANG
KEMENTERIAN
KESEHATAN RI
POLITEKNIK KESEHATAN PADANG
TAHUN
2018
KEMENTERIAN KESEHATAN RI
KEMENTERIAN KESEHATAN RI


PROGRAM
STUDI KEPERAWATAN PADANG

BERITA
ACARA
SPMI-PKKPDG/FM/PBM/06/00
Pada
hari ini Senin, tanggal lima, bulan Februari, tahun 2018, telah dilaksanakan
Rapat Koordinasi Tim Mata Kuliah Keperawatan Maternitas dalam rangka persiapan
pembelajaran mahasiswa RPL semester genap Tahun Ajaran 2017/2018 di Program
Studi D III Keperawatan Padang Jurusan
Keperawatan Poltekkes Kemenkes RI Padang. Hasil rapat koordinasi adalah sebagai
berikut:
1. Rencana Pembelajaran
Semester (RPS) dan Satuan Acara Pembelajaran (SAP) seperti terlampir
2. Pembagian tugas dan tanggung
jawab setiap dosen seperti tertera dalam RPS dan SAP
3. Jadwal, waktu dan jumlah
tatap muka pembelajaran seperti tertera dalam RPS
4. Metode pembelajaran dan
rencana evaluasi seperti tertera dalam RPS
5. Kebutuhan sarana prasarana,
media dan sumber pembelajaran seperti tertera dalam RPS
Diketahui
Oleh:
Ketua
Program Studi DIII Keperawatan Padang
Ns.
Idrawati Bahar, S.Kep, M.Kep
NIP.
19710705 199403 2 003
|
Padang, 5 Februari 2018
|
|
Tim
Dosen MK Keperawatan Maternitas
1. Hj. Tisnawati, SSt, M. Kes
2. Ns. Zola Amely Ilda,
Skep.M.Kep
3. Hj. Metri Lidya, S.Kp,
M.Biomed
4. Hj. Delima, S.Pd, M. Kes
|
Tanda Tangan
1.
2.
3.
4.
|
|
|
|
|
KEMENTERIAN
KESEHATAN RI


PROGRAM
STUDI KEPERAWATAN PADANG

RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)
SNPT Pasal 12 dan SPMI-PKKPDG/FM/PBM/06/00
Nama MK : Keperawatan Anak
Kode MK : WAT
15401R
Beban/SKS : 2 SKS ( T )
Semester : Semester Genap (II)
Tahun Ajaran : 2017/2018
Tim
Dosen :
6.
Ns. Zolla Amely Ilda, S.Kep, M.Kep : (08126786047/zolla.amely.ilda@gmail.com)
CAPAIAN
PEMBELAJARAN
Mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan kepada individu (anak), keluarga, dan kelompok baik sehat, sakit, dan kegawatdaruratan dengan
memperhatikan aspek biologis,
psikologis,
ultur ultural, dan spiritual yang
menjamin keselamatan klien (patient safety), sesuai standar asuhan keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia.
1.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
PER-TEMUAN/
MINGGU KE
|
KEMAMPUAN
AKHIR YANG DIHARAPKAN
|
BAHAN
KAJIAN
(MATERI
AJAR)
|
METODE
PEMBELAJARAN
|
WAKTU
(MENIT)
|
PENGALAMAN
BELAJAR
|
KRITERIA
(INDIKATOR PENILAIAN)
|
BOBOT
NILAI
|
DAFTAR
REFEREN SI
|
DOSEN
|
1
|
|
ORIENTASI MATA
KULIAH
|
|
|
|
|
|
|
|
1
Sabtu/10-2- 2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep Keperawatan anak dan neonatal esensial
|
Konsep Keperawatan anak sehat,
anak sakit dan neonatal esensial
1.
Pengertian
2.
Tujuan
3.
Paradigma
keperawatan
4.
Prinsip keperawatan
5.
Ruang lingkup
6.
Peran perawat anak
7. Isu dan kecendrungan dalam keperawatan anak (PMK, MTBS, Asuhan Perkembangan,
8. Kekerasan pada anak dan perilaku menyimpang
pada anak
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
-
Ujian tulis
|
5%
|
1, 3, 4, 5, 11, 12
|
Zolla
|
2
Selasa/ 13-2-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
sistem perlindungan anak Indonesia
|
Sistem perlindungan anak
Indonesia
1. Kebijakan
pemerintah
2. UU
Perlindunan Anak
3. Perlindungan terhadap anak
berkebutuhan khusus
4. Peran
keluarga dalam perawatan anak
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
Modul dan Buat
Resume
|
5%
|
1, 3, 17
|
Tis, Zola, De, Met
|
3
Sabtu/
24-2-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep pertumbuhan dan perkembangan anak
|
Konsep tumbuh kembang anak
1.
Pengertian
pertumbuhan dan perkembangan
2.
Pola-pola tumbuh
kembang
3.
Tahap-tahap
pertumbuhan dan perkembangan
4. Faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang
5.
Perkembangan
Intelektual, Psikososial, Psikoseksual dan Kepribadian
6.
Stimulasi
pertumbuhan dan perkembangan anak
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
-
Ujian tulis
|
5%
|
1, 2, 14
|
Delima
|
4
Selasa/27-2-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep bimbingan antisipasi (anticipatory
guidance) dan teknik komunikasi pada anak
|
Bimbingan antisipasi (anticipatory
guidance)
1.
Pengertian bimbingan
antisipasi
2.
Bimbingan antisipasi sesuai tugas perkembangan
3.
Proposal pendidikan
kesehatan dan poster bimbingan antisipasi (tugas)
Teknik komunikasi pada anak
1.
Pengertian
2.
Tujuan
3.
Tahapan komunikasi
pada anak
4.
Teknik komunikasi
pada anak dan keluarga
5.
Prinsip komunikasi
pd anak sesuai dgn tumbuh kembang
6.
Faktor-faktor yang
mempengaruhi komunikasi dengan anak
7. Implikasi komunikasi dalam keperawatan
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
Modul dan Buat Resume
|
5%
|
1, 3, 11
|
Tis, Zola, De, Met
|
5
Jumat/ 2-3-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep imunisasi
|
Konsep Imunisasi
1.
Pengertian
2.
Tujuan
3.
Imunisasi dasar dan
tambahan
4.
Jadual
pemberian imunisasi
dasar dan tambahan
5.
Reaksi
imunisasi/KIPI
6.
Perawatan
pasca imunisasi
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
Ujian tulis
|
5%
|
1, 3
|
Metri Lidya
|
6
Selasa/ 13-3-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu mendiskusikan dan
menjelaskan Askep pada anak dengan penyakit dan masalah-masalah kesehatan
yang lazim
|
Asuhan
keperawatan pada anak dengan kebutuhan khusus:
1. Autisme
2. Down Syndrom
3. Retardasi Mental
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
Modul dan Buat Resume
|
5%
|
2, 3, 5, 6, 7, 8, 9, 17
|
Tis, Zola, De, Met
|
7
Sabtu/ 10-3-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu mendiskusikan dan
menjelaskan Askep pada anak dengan penyakit dan masa lah-masalah kese hatan
yang lazim
|
Asuhan Keperawatan pada anak dengan
kasus:
1.
Campak
2.
Infeksi Saluran
Kemih
3.
NEC
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
-
Ujian tulis
|
5%
|
2, 3, 6, 7, 8, 9
|
Metri Lidya
|
8
Selasa/10-4-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu menjelaskan
konsep hospitalisasi dan stimulasi pijat bayi
|
1. Konsep
hospitalisasi
a.
Pengertian
b.
Stressor dan reaksi
anak sesuai dengan tingkat usia
c.
Asuhan keperawatan
dalam mencegah dan meminimalkan dampak hospitalisasi
2.
Pijat
bayi
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
Modul dan Buat Resume
|
5%
|
2, 3
|
Tis, Zola, De, Met
|
9
Jumat/16-3-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu mendiskusikan dan
menjelaskan Askep pada anak dengan penyakit dan masalah-masalah kesehatan
yang lazim
|
Asuhan Keperawatan pada bayi dengan
kasus:
1. BBLR
2. Hiperbilirubinemia
3. Sepsis
Neonatus
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
-
Ujian tulis
|
5%
|
2, 3, 5, 6, 7, 8, 9, 16
|
Tis
|
10
Selasa/24-4-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu:
1. Menjelaskan
konsep bermain
2. Mengaplikasikan
dalam askep anak
|
Konsep bermain
1.
Pengertian
2.
Fungsi bermain
3.
Klasifikasi bermain
4.
Karakteristik
bermain sesuai tahap tumbuh kembang pada anak sakit dan sehat
5.
Alat permainan
edukatif (APE)
6. Faktor-faktor yang mempengaruhi bermain
7. Bermain terapeutik dan terapi bermain
8. Proposal kegiatan bermain terapeutik
|
Tanya jawab dan Diskusi
|
100
|
-
Diskusi
-
Bertanya
-
Mendengarkan penjelasan
-
Menyimpulkan
|
Modul dan Buat Resume
|
5%
|
1, 3
|
Tis, Zola, De, Met
|
11
Sabtu/24-3-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu mendiskusikan dan
menjelaskan Askep pada anak dengan penyakit dan masalah-masalah kesehatan
yang lazim
|
Asuhan Keperawatan pada anak
dengan kasus:
1. Pneumonia
2. Diare
3. DHF
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
-
Ujian tulis
|
5%
|
2, 3, 6, 7, 8, 9
|
Tis
|
12
Jumat/13-4-2018
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu mendiskusikan dan
menjelaskan Askep pada anak dengan penyakit dan masalah-masalah kesehatan
yang lazim
|
Asuhan Keperawatan pada anak
dengan kasus:
1. Hisprung
2. Atresia
ani
3. Hipospadia/epispadia
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
-
Ujian tulis
|
5%
|
2, 3, 5, 6, 7, 8, 9
|
Delima
|
13
Sabtu/21-4-2014
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu mendiskusikan dan
menjelaskan Askep pada anak dengan penyakit dan masalah-masalah kesehatan
yang lazim
|
Asuhan Keperawatan pada bayi dengan
kasus:
1. Atresia Biliaris
2. Sindroma
Nefrotik
3. Difteri
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
-
Ujian tulis
|
5%
|
2, 3, 5, 6, 7, 8, 9
|
Delima
|
14
Jumat/27-4-2017
10.50-12.30 Wib
|
Mahasiswa mampu mendiskusikan dan
menjelaskan Askep pada anak dengan penyakit dan masalah-masalah kesehatan
yang lazim
|
Asuhan Keperawatan pada anak dengan
kasus:
1. Meningitis
2. Encepalitis
3. Hidrocepalus
|
Tanya jawab dan
Diskusi
|
100
|
-
Menjelaskan
-
Berdiskusi
-
Bertanya
-
Menyimpulkan
|
-
Penguasaan materi
-
Keaktifan mahasiswa dalam diskusi
-
Ujian tulis
|
5%
|
2, 3, 6, 7, 8, 9
|
Zolla
|
15
|
|
U
T S :
26 - 31/3 2018
(Materi 1-7)
|
|
|
-
|
-
|
|
|
TIM
|
16
|
|
U A
S : 28/5 – 2/6 - 2018
(Materi 8-14)
|
|
|
|
|
|
|
TIM
|
KONTRAK PERKULIAHAN
|
1. Manfaat
Mata Kuliah
Mata
kuliah ini bermanfaat untuk menghantarkan mahasiswa dapat memahami dan
mengaplikasikan konsep
dasar keperawatan anak
sehat, sakit dan neonatus risiko tinggi, sistem
perlindungan anak di Indonesia, pertumbuhan dan perkembangan anak, bimbingan antisipasi,
hospitalisasi, imunisasi, program bermain serta asuhan keperawatan berbagai
penyakit dan masalah
kesehatan anak yang lazim
2.
Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar
keperawatan anak sehat, sakit dan neonatus risiko tinggi, sistem perlindungan
anak di Indonesia, pertumbuhan dan perkembangan anak, bimbingan antisipasi,
hospitalisasi, imunisasi, program bermain serta berbagai penyakit dan
masalah kesehatan anak yang lazim dengan menggunakan
pendekatan proses keperawatan. Penekanan asuhan keperawatan ditujukan pada
upaya peningkatan, pemeliharaan dan pemulihan kesehatan anak dalam konteks
keluarga
3.
Capaian Pembelajaran
Mahasiswa
mampu memberikan asuhan keperawatan kepada individu (anak), keluarga, dan
kelompok baik sehat, sakit, dan kegawatdaruratan dengan memperhatikan
aspek biologis, psikologis, sosial kultural, dan spiritual yang menjamin keselamatan klien (patient
safety), sesuai standar asuhan
keperawatan dan berdasarkan perencanaan keperawatan yang telah tersedia.
4.
Strategi Perkuliahan
a.
Mata kuliah ini terdiri
dari 2
SKS (TEORI)
b. Alokasi
waktu untuk 2
SKS teori adalah 100
menit
c. Kehadiran mahasiswa saat pembelajaran teori
minimal 75%
d. Pembelajaran
teori dilakukan di kelas dengan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab.
e. Pembelajaran
teori:
1) Mahasiswa
diharapkan sudah mempelajari materi sebelum pertemuan tatap muka dengan dosen
2) Mahasiswa
akan berdiskusi dalam kelompok tentang sub pokok bahasan yang sudah
diinformasikan dalam pertemuan sebelumnya
3) Mahasiswa
diharapkan membawa buku sumber dalam setiap pertemuan
5.
Materi/Bacaan Perkuliahan
Terlampir
6.
Penugasan
a. Mahasiswa per
individu menyiapkan
resume
materi dari Modul (materi sesuai RPS)
yang akan dibahas dengan Dosen diresponsi
dan melakukan tanya jawab serta diskusi kelompok (penilaian)
b. JADWAL RESPOSNSI dan TANYA JAWAB RESUME MODUL:
HARI
|
TANGGAL
|
JAM
|
MAHASISWA
|
DOSEN
|
KET
|
Sabtu
|
5
Mei 2018
|
10.50-12.30
Wib
|
NO.
ABSEN
1 - 8
9 - 16
|
Tisnawati
Metri
lidya
|
Tugas Resume Modul ditulis tangan
sendiri minimal 3 lembar kertas doble folio, kemudian di PDF kan dan dikirim
ke alamat email dosen (sesuai tabel). Paling lambat jam 00.00 Wib pada
tanggal yang tertera pada RPS di atas.
|
Jumat
|
11
Mei
|
10.50-12.30
Wib
|
NO.
ABSEN
17-
25
26
-33
|
Zola
Ameli Ilda
Delima
|
|
7.
Kriteria Penilaian
TEORI
(2 sks)
|
a.
Penilaian selama
proses pembelajaran teori : 30%
b.
Ujian Teori (UTS : 20 % ,
UAS : 20%) : 40%
c.
Penugasan (Modul) /
Individu & Responsi TJ : 30%
|
8.KRITERIA
PENILAIAN TUGAS (RESUME MODUL)
- Komunikasi Tertulis
GRADING SCHEME COMPETENCE
Kriteria 1 : Komunikasi Tertulis
DIMENSI
|
Sangat Memuaskan
|
Memuas kan
|
Batas
|
Kurang Memuaskan
|
Dibawah Standar
|
SKOR
|
BAHASA MAKALAH (Resume Modul)
|
·
Bahasa menggugah pembaca untuk
mencari tahu konsep lebih dalam.
·
Referensi diambil
dari sumbel ilmiah (buku, e-book atau jurnal ilmiah)
|
Bahasa menambah informasi pembaca
|
Bahasa deskriptif, tidak terlalu menambah pengetahuan
|
Informasi dan data yang disampaikan tidak menarik dan
membingungkan
|
Tidak ada hasil
|
|
KERAPIAN MAKALAH
(Resume Modul)
|
Makalah dibuat
dengan sangat menarik dan menggugah semangat membaca
|
Makalah cukup menarik, walau tidak terlalu mengundang
minat pembaca
|
Dijilid biasa
|
Dijilid namun kurang rapi
|
Tidak ada hasil
|
|
FORMAT PENILAIAN DISKUSI
MAHASISWA PRODI D-III Prog RPL KEPERAWATAN PADANG
TAHUN AJARAN 2017/2018
Nama Mahasiswa : ____________________________________
KELAS :
____________________________________
MATERI :
____________________________________
No
|
Nama
|
Nim
|
Kriteria Penilaian
|
Skor
|
|||
Kelengkapan Konsep
|
Kebenaran Konsep
|
Bahasa Makalah
|
Kerapian Makalah
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
Padang, 2018
Dosen Mata
Kuliah
(
.................................................... )
DAFTAR REFERENSI
1.
Akley, B., J. & Ladwig, G., B.
(2011). Nursing Diagnosis Handbook: An
Evidence Based Guide To Planning Care. 9th ed.St Louis,
Missouri: Mosby Elseiver.
2.
Ball, J & Blinde, R. (2003). Pediatric Nursing Caring for Children 3thEd.
Pearson Education, Inc. New Jersey.
3.
Betz, C. L & Sowden, L.A. (2009). Buku Saku Keperawatan Pediatric. EGC:
Jakarta
4.
Bobak, I. M., Lowdermilk, D. L., Jensen,
M. D. & Perry, S. E. (2005). Buku
Ajar Keperawatan Maternitas. (M. A. Wijayarini & P.I, Anugerah,
Trans.). Jakarta: EGC.
5.
Fergusson, D. (2008). Clinical Assessment And Monitoring In
Children. Oxford, UK: Blackwell Publishing.
6.
Herdmand, T. (2015). NANDA
International: Diagnosis Keperawatan Definisi dan Klasifikasi 2015-2017.
EGC: Jakarta
7.
Hockenberry, M., & Wilson, D.
(2009). Wongs Essentials of Pediatric Nursing. 8th
edition. St. Louis: Mosby Inc.
8.
Kenner, C & McGrath, J. M. (Eds.), Developmental Care of Newborn and Infant: A Guide for Health
Professionals. St. Louis: Elsevier Mosby.
9.
Kemenkes RI (2015). Manajemen Terpadu Balita Sakit. Jakarta
10.
Lissauer, T. & Fanaroff, A. A.
(2009). At a glance neonatology.
Jakarta: Erlangga Medical Series.
11.
Menteri Kesehatan RI. (2008). Keputusan
menteri kesehatan RI Nomor 604/Menkes/SK/VII/2008 tentang Pedoman Pelayanan Maternal Perinatal Pada Rumah Sakit Umum Kelas B,
kelas C dan kelas D.
12.
American Academy of Pediatrics. (2006). Buku Panduan Resusitasi Neonatus.
PERINASIA. Jakarta
13.
Wong, D. L.,
Hockenberry, M., Wilson, D., Winkelstein, M. L., & Schawrtz, P. (2009). Wong: Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (6th
ed) vol 1 dan 2. Jakarta: EGC.
14.
Undang-Undang Perlindungan Anak
Padang, Februari 2018
Koordinator
Mata Kuliah
Hj. Tisnawati, SSt, M. Kes
NIP. 1965
0716 198803 2002
Diperiksa
Oleh:
Ketua
Program Studi Keperawatan Padang
Ns.
Idrawati Bahar, S.Kep, M.Kep
NIP. 19710705 199403 2 003
|
Padang,
5 Februari 2018
Koordinator
MK
Hj.
Tisnawati, SSt, M.Kes
NIP.
19650716 198803 2002
|
Disetujui
Oleh:
Ketua
Jurusan Keperawatan
Hj.
Murniati Muchtar, SKM., M. Biomed
NIP.
19621122 198302 2 001
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar